Senin , Mei 13 2024

Kenapa Harus Investasi? Berikut Alasan dan Tujuan Investasi

Kenapa harus investasi? Mungkin itu pertanyaan pertama yang perlu Kamu temukan jawabannya sebelum memutuskan berinvestasi. Dengan mengetahui tujuan investasi maka investor bisa mempertimbangkan, menentukan, dan memilih jenis investasi sesuat tujuan investor.

Namun sebelum menjawab pertanyaan itu? Alangkah baiknya Kamu mengetahui alasan kenapa harus investasi. Mungkin dengan mengetahui alasan, mengapa mesti berinvestasi? Karena tujuan investasi adalah bermula dari alasan yang melatarbelakanginya.

Bisa jadi, dengan hal itu, seseorang yang sebelumnya tidak berminat menjadi tertarik melakukan investasi. Dan mungkin itu Kamu atau orang sekitarmu.

Alasan Berinvestasi

Sesorang, bisa jadi Kamu tentu akan berusaha keras untuk mendapatkan hasil atau reward yang maksimal. Apalagi jika itu berkaitan dengan uang atau aset. Termasuk bentuk usaha dalam mewujudkan hal itu adalah dengan mengetahui alasan dan tujuan berinvestasi.

Ada berbagai macam alasan seseorang berinvestasi, diantaranya adalah:

  1. Memperoleh keuntungan di masa depan, seperti berinvestasi dalam saham misalnya. Investasi dapat menghasilkan keuntungan dari perubahan harga(capital gain) di pasar keuangan atau dari dividen atau bunga yang dibayarkan oleh emiten. Atau seperti berinvestasi di bidang properti, tanah, emas dlsb yang tentu mengharapkan selisih harga di masa mendatang. Keuntungan investasi dapat digunakan untuk tujuan jangka pendek atau jangka panjang, seperti menutupi biaya hidup, membeli properti, atau menyimpan dana untuk masa pensiun.
  2. Mengelola risiko: Investasi dapat digunakan sebagai sarana untuk mengelola risiko yang terkait dengan perubahan harga di pasar keuangan. Contohnya, dengan membeli instrumen derivatif seperti opsi atau futures, investor dapat mengelola risiko yang terkait dengan perubahan harga saham atau komoditas.
  3. Menghindari inflasi: Inflasi adalah kenaikan harga-harga secara umum di pasar yang dapat menurunkan nilai uang di masa depan. Investasi dapat digunakan sebagai sarana untuk menghindari inflasi dengan membeli aset yang diharapkan akan mengalami kenaikan harga di masa depan.
  4. Memenuhi tujuan keuangan jangka panjang: Investasi dapat digunakan sebagai sarana untuk memenuhi tujuan keuangan jangka panjang, seperti membeli rumah, menyimpan dana untuk masa pensiun, atau mengelola dana yang diwariskan. Investasi jangka panjang dapat memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan investasi jangka pendek, namun juga memiliki risiko yang lebih tinggi.

Tentu masih ada lagi beberapa alasan lain yang mendasari sesorang berinvestasi. Akan tetapi secara garis besar alasan-alasan ini lah yang mendorong calon investor memutuskan untuk mengambinya dan merealisasikan tujuan investasi yang telah ditetapkannya.

Tujuan Berinvestasi

Tujuan dan manfaat dari investasi umumnya tergantung alasan, resiko, jenis dan jangka waktunya. Sehingga bisa jadi investor memilih tujuan investasi jangka pendek daripada tujuan investasi jangka panjang atau sebaliknya. Ini ditentukan faktor-faktor di atas.

Umumnya, tujuan dan manfaat dari investasi adalah untuk mengelola dan menggunakan uang dengan cara yang akan memberikan keuntungan atau manfaat di masa depan. Manfaat dari investasi antara lain adalah:

  1. Mengoptimalkan pengelolaan keuangan: Investasi dapat membantu Kamu mengelola keuangan dengan lebih baik dengan cara mengalokasikan uang Kamu ke dalam berbagai instrumen keuangan yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko Kamu.
  2. Menciptakan pasif income: Investasi dapat memberikan keuntungan berupa bunga atau dividen yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan pasif.
  3. Tingkatkan Nilai Aset:  Investasi dapat meningkatkan nilai aset yang Kamu miliki  dengan meningkatkan nilai uang Kamu di masa depan.  Misalnya, jika  Kamu membeli saham perusahaan yang menguntungkan, maka harga  saham tersebut kemungkinan besar akan meningkat seiring pertumbuhan perusahaan. 
  4. Lindungi nilai  uang Kamu: Berinvestasi dapat membantu mempertahankan  nilai uang Kamu dalam  instrumen keuangan yang tingkat inflasinya berada pada tingkat inflasi umum.
  5. Mempersiapkan masa depan : Berinvestasi dapat membantu Kamu mempersiapkan diri dengan mengalokasikan uang Kamu  ke instrumen keuangan yang mendukung tujuan jangka panjang Kamu , seperti menciptakan dana pendidikan anak atau dana pensiun.
  6. Memperluas jaringan: Investasi dapat memberikan kesempatan untuk memperluas jaringan dengan cara bergabung dengan komunitas investor atau mengikuti acara-acara yang diadakan oleh perusahaan investasi.

Demikian artikel tentang kenapa harus investasi? berikut alasan, tujuan dan manfaatnya. Semoga dengan memahim alasannya, Kamu bisa meraih tujuan dalam berinvestasi. (idxstock.com)