Jumat , Juli 19 2024

Cara Merubah Huruf Kapital di Excel – Fungsi UPPER, LOWER dan PROPER

Excel memiliki banyak fungsi untuk memformat data, termasuk mengubah huruf teks. Artikel ini akan memberikan langkah dari cara merubah huruf kapital di Excel yang bisa Anda coba.

Menyiapkan dokumen bisnis dan usaha, atau laporan keuangan semestinya disajikan dengan format yang rapi dan terstruktur. Nah, jika menemui kendala terkait mengganti atau merubah huruf kapital di Excel, maka Anda membaca artikel yang tepat.

Berikut cara merubah huruf kapital di Excel yang patut Anda coba:

Cara Merubah Huruf Kapital di Excel

Cara Merubah Huruf Kapital di Excel otomatis

Tutorial Excel untuk merubah huruf kapital di Excel ini menggunakan fungsi-fungsi tertentu. Setidaknya ada tiga fungsi Excel yang bekerja di beberapa versi 14, 15, 16, 17 atau tahun 2010, 2013, 2016 dan 2019 yang terbaru.

Fungsi UPPER

Menggunakan fungsi UPPER. Fungsi ini akan mengubah semua huruf dalam teks menjadi huruf besar. Misalnya, jika Anda memiliki teks “saya suka excel” di sel A1, Anda bisa mengetikkan rumus =UPPER(A1) di sel B1 untuk mendapatkan hasil “SAYA SUKA EXCEL”.

Anda bisa menyalin rumus ini ke sel lain yang ingin Anda ubah kapitalisasinya. Jadi, untuk merubah huruf kecil ke besar Excel Anda bisa gunakan fungsi UPPER di atas.

Fungsi LOWER

Menggunakan fungsi LOWER. Fungsi ini akan mengubah semua huruf dalam teks menjadi huruf kecil. Misalnya, jika Anda memiliki teks “SAYA SUKA EXCEL” di sel A1, Anda bisa mengetikkan rumus =LOWER(A1) di sel B1 untuk mendapatkan hasil “saya suka excel”.

Anda bisa menyalin rumus ini ke sel lain yang ingin Anda ubah kapitalisasinya. Dengan rumus LOWER ini, Anda bisa merubah huruf besar ke kecil Excel dengan cepat dan sekaligus.

Fungsi PROPER

Menggunakan fungsi PROPER. Fungsi ini akan mengubah huruf pertama dalam setiap kata menjadi huruf besar, dan sisanya menjadi huruf kecil. Misalnya, jika Anda memiliki teks “saya suka excel” di sel A1, Anda bisa mengetikkan rumus =PROPER(A1) di sel B1 untuk mendapatkan hasil “Saya Suka Excel”.

Anda bisa menyalin rumus ini ke sel lain yang ingin Anda ubah kapitalisasinya. Rumus ini mengkombinasikan huruf besar dan kecil di Excel pada awal tiap kata.

Contoh Merubah Huruf Kapital di Excel

Berikut contoh penggunaan fungsi-fungsi kapitalisasi huruf dalam Excel dengan contoh teks “usaha dan bisnis”:

Contoh Penggunaan fungsi UPPER

Jika teks “usaha dan bisnis” berada di sel A1, Anda bisa menggunakan rumus =UPPER(A1) di sel B1 untuk mendapatkan hasil “USAHA DAN BISNIS”.

Contoh Penggunaan fungsi LOWER

Jika teks “USAHA DAN BISNIS” berada di sel A1, Anda bisa menggunakan rumus =LOWER(A1) di sel B1 untuk mendapatkan hasil “usaha dan bisnis”.

Contoh Penggunaan fungsi PROPER

Jika teks “usaha dan bisnis” berada di sel A1, Anda bisa menggunakan rumus =PROPER(A1) di sel B1 untuk mendapatkan hasil “Usaha Dan Bisnis”.

Anda dapat mengganti teks “usaha dan bisnis” sesuai kebutuhan dalam contoh-contoh di atas dan menerapkan rumus yang sesuai di sel Excel yang tepat.

Kesimpulan

Itulah tiga cara merubah huruf kapital di Excel yang mudah Anda aplikasikan. Ada tiga cara utama untuk mengubah kapitalisasi huruf dalam teks, yaitu melalui Fungsi UPPER, LOWER dan PROPER.

Anda dapat mengaplikasikan rumus-rumus merubah huruf kapital di Excel di atas pada sel-sel Excel yang sesuai dan menyalinnya ke sel lain. (Abiphone.com)