Kamis , Februari 22 2024

Mengenal Bank Syariah Indonesia (BSI) Penggerak Industri Halal

Bank Syariah Indonesia disingkat BSI, merupakan pilihan terpercaya bagi mereka yang ingin mengelola keuangan sesuai dengan prinsip syariah. Berbagai produk perbankan yang ditawarkan oleh BSI memenuhi kebutuhan nasabah dengan beragam fitur dan manfaat

Apa itu Bank Syariah Indonesia?

Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan hasil dari merger tiga bank syariah milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah. Merger ini secara resmi beroperasi pada 1 Februari 2021, yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Tujuan utama dari merger ini adalah untuk menciptakan lembaga perbankan syariah terbesar di Indonesia, yang diharapkan dapat menjadi lokomotif dalam kemajuan industri halal di negeri ini.

Komposisi Pemegang Saham BSI

Setelah merger, komposisi pemegang saham BSI terdiri atas PT Bank Mandiri sebagai pemegang saham terbesar dengan 51,2 persen, diikuti oleh PT Bank Negara Indonesia (25 persen), dan PT Bank Rakyat Indonesia sebesar 17,4 persen. Selain itu, DPLK BRI-Saham Syariah memiliki 2 persen saham, sementara sisanya, sebesar 4,4 persen dimiliki oleh publik.

Bank Syariah Indonesia (BSI)

Saat ini, BSI menawarkan beragam produk dan layanan perbankan sesuai dengan nilai-nilai syariat islam. Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin berinvestasi secara islami, BSI pun memberikan aneka ragam pilihan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Tabungan BSI

Bank Syariah Indonesia (BSI) telah mengembangkan beragam produk tabungan sesuai dengan syariah islam, menciptakan kemudahan dan keuntungan bagi para nasabah. Berikut adalah opsi tabungan yang tersedia di BSI:

1. BSI Tabungan Easy Mudharabah

Tabungan ini memberikan fasilitas kemudahan bertransaksi melalui mobile banking dan net banking. Selain itu, nasabah dapat menikmati tarik tunai tanpa biaya di seluruh ATM Bank Mandiri. Proses pembukaan rekening dapat dilakukan secara online, sementara biaya transaksi gratis di seluruh EDC Bank Mandiri, semua EDC Bank di Indonesia, dan EDC berjaringan PRIMA.

2. BSI Tabungan Easy Wadiah

Tabungan ini menawarkan kebebasan dengan bebas biaya administrasi bulanan. Nasabah dapat melakukan transaksi tanpa biaya di seluruh EDC Bank Mandiri, semua EDC Bank di Indonesia, dan EDC berjaringan PRIMA. Selain itu, tarik tunai di seluruh ATM Bank Mandiri juga tersedia tanpa biaya. Pembukaan rekening dapat dilakukan secara online.

3. BSI Tabungan Efek Syariah

Dirancang khusus untuk mendukung transaksi efek di Pasar Modal, tabungan ini memberikan keuntungan tanpa biaya administrasi kepada nasabahnya.

4. BSI Tabungan Junior

Tabungan ini difokuskan pada anak-anak atau pelajar berusia di bawah 17 tahun. Dengan menggunakan akad Mudharabah atau Wadiah, tabungan ini memberikan kesempatan bagi perorangan maupun non-perorangan untuk membuka rekening dengan mudah.

5. BSI Tabungan Mahasiswa

Diperuntukkan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, serta pegawai yang bermitra dengan Bank Syariah Indonesia. Tabungan ini mengusung prinsip syariah akad Wadiah dan memberikan bonus bulanan sesuai dengan ketentuan bank.

Dengan ragam tabungan yang dipersembahkan, BSI memastikan bahwa setiap nasabah dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai syariah yang dijunjung tinggi oleh bank ini.

Produk Pembiayaan Syariah di BSI

Selain tabungan, BSI juga menyediakan berbagai produk pembiayaan yang sesuai dengan prinsip syariah, memberikan solusi keuangan yang dapat diandalkan bagi nasabah. Berikut adalah beberapa produk pembiayaan yang ditawarkan oleh BSI:

1. Pembiayaan Cicil Emas

Produk ini memungkinkan nasabah untuk membeli emas secara cicilan, memberikan kesempatan untuk berinvestasi dengan cara yang mudah dan sesuai dengan prinsip syariah.

2. Rumah DP 0%

Produk ini menawarkan kemudahan bagi nasabah yang ingin memiliki rumah dengan DP 0%, memberikan akses kepada lebih banyak orang untuk memiliki rumah impian mereka sesuai dengan prinsip syariah.

3. BSI Griya

Pembiayaan perumahan yang ditawarkan oleh BSI, memberikan solusi bagi nasabah untuk memiliki rumah idaman dengan proses yang mudah dan sesuai dengan prinsip syariah.

4. BSI Mitra Modal Kerja

Produk ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja nasabah, memberikan dukungan finansial yang sesuai dengan prinsip syariah untuk pengembangan usaha.

5. BSI KUR Kecil

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kecil dari BSI ditujukan untuk membantu usaha mikro dan kecil, memberikan akses kepada pelaku usaha untuk mendapatkan pembiayaan sesuai dengan prinsip syariah.

6. Gadai Emas BSI Mobile

Layanan Gadai Emas yang dilakukan melalui BSI Mobile, memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi gadai emas sesuai dengan prinsip syariah.

7. BSI Mitra Alkes

Pembiayaan Alat Kesehatan dengan tujuan investasi alat kesehatan baru sesuai dengan target market atau profesi keahlian, memberikan dukungan finansial dalam bidang kesehatan yang sesuai dengan prinsip syariah.

8. BSI Talangan Travel Haji Khusus

 

Menyalurkan Pembiayaan untuk pembayaran pelunasan biaya haji khusus kepada travel haji khusus, memberikan kemudahan bagi calon jamaah haji untuk melaksanakan ibadah haji dengan sesuai prinsip syariah.

Deposito BSI

Nasabah yang hendak menyimpan dananya untuk waktu tertentu dengan cara halal dapat mencoba deposito di BSI. Deposito BSI merupakan salah satu produk unggulan dari Bank Syariah Indonesia yang dirancang untuk memberikan keuntungan bagi nasabah yang ingin menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu.

Sebgaian manfaat deposito ini adalah nasabah dapat memperoleh tingkat keuntungan tetap sesuai dengan jenis Akad yang dipilih (Wadiah Rahn atau Mudharabah). Cara membuka deposito di BSI, nasabah diwajibkan memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku saat ini.

Kartu Kredit Syariah BSI

BSI menawarkan kartu kredit syariah yang dikenal dengan nama BSI Hasanah, yang dikeluarkan berdasarkan prinsip syariat Islam. Dengan berbagai jenisnya, kartu kredit ini memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Berikut adalah beberapa jenis kartu kredit BSI Hasanah

1. BSI Hasanah Classic

  • Limit: Mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.
  • Pembayaran Minimum: 10% atau Rp 100.000,00 dengan tambahan cicilan tetap dan over limit jika ada.
  • Biaya Bulanan: Mulai dari Rp 70.000,00.
  • Annual Fee: Kartu utama sebesar Rp 120.000,00.

2. BSI Hasanah Gold

  • Limit: Mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 30 juta.
  • Pembayaran Minimum: Sama seperti BSI Hasanah Classic.
  • Biaya Bulanan: Mulai dari Rp 140.000,00.
  • Annual Fee: Kartu utama sebesar Rp 240.000,00.

3. BSI Hasanah Platinum

  • Limit: Mulai dari Rp 40 juta hingga Rp 900 juta.
  • Pembayaran Minimum: Sama dengan kedua jenis kartu sebelumnya.
  • Biaya Bulanan: Mulai dari Rp 700.000,00.
  • Annual Fee: Kartu utama sebesar Rp 600.000,00.

Cara Membuka Kartu Kredit BSI Hasanah

Untuk membuka kartu kredit BSI Hasanah, Anda dapat mengunjungi situs resmi BSI dan mengisi formulir yang tersedia. Pastikan untuk memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku, karena setiap bank mungkin memiliki kebijakan yang berbeda untuk produk mereka.

BSI Debit Mabrur: Mempermudah Ibadah Haji dan Umrah

bsi haji dan umrah

BSI Debit Mabrur adalah inovasi terbaru dari Bank Syariah Indonesia (BSI), dirancang khusus untuk jamaah haji dan umrah. Kartu ini merupakan pengembangan dari Kartu BSI Debit Haji yang telah terbukti melayani lebih dari 80 persen nasabah haji Indonesia.

Nasabah yang berminat untuk mendapatkan Kartu BSI Debit Mabrur dapat mengunjungi  Kantor Cabang BSI terdekat mulai tanggal 6 November 2023 atau melalui BSI Online.

Digital Banking BSI

BSI telah menghadirkan berbagai layanan digital banking untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan secara mudah dan aman. Berikut adalah beberapa layanan digital yang ditawarkan oleh BSI:

1. BSI Netbanking

BSI Netbanking adalah platform online yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi seperti transfer, pembayaran, dan manajemen rekening dengan mudah. Nasabah juga akan mendapatkan tips aman dalam menggunakan layanan ini.

2. BSI Mobile

Aplikasi BSI Mobile memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi, pembelian, pembayaran, dan lainnya secara praktis melalui perangkat seluler mereka.

3. Salam Digital

Salam Digital adalah platform yang memudahkan nasabah dalam mengajukan pembiayaan Mikro secara digital untuk mendukung kebutuhan usaha mereka.

4. Beragam Layanan Lainnya

Selain itu, BSI juga menyediakan berbagai layanan digital lainnya seperti BSI Smart Agent, BSI Aisyah, Solusi Emas, BSI JadiBerkah id, BSI ATM CRM (Cash Recycle Machine), BSI Merchant Business, BSI API Platform, BSI Cardless Withdrawal, BSI Payment Point, BSI QRIS, Buka Rekening Online, BSI Net, Mitraguna Online, BSI Debt Card, BSI Debt OTP, Deposito Mobile, Griya Hasanah Online, dan E-mas BSI Mobile.

Asuransi BSI

BSI mungkin belum memiliki produk asuransi syariah secara langsung, tetapi perannya sangat penting dalam menyediakan layanan kustodian untuk perusahaan asuransi syariah. Melalui kemitraannya dengan PT Reasuransi Syariah Indonesia, PT Reasuransi Nasional Indonesia, dan PT Asuransi Takaful Keluarga, BSI telah memainkan peran utama dalam mengadministrasikan portfolio efek syariah nasabah.

Kerja Sama dengan Perusahaan Asuransi dan Reasuransi

  1. PT Reasuransi Syariah Indonesia (ReSyariah): BSI telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan ReSyariah untuk menyediakan layanan kustodian bagi perusahaan asuransi syariah. Ini memperkuat posisi BSI sebagai mitra yang dapat diandalkan dalam mengelola aset dan investasi perusahaan asuransi.
  2. PT Reasuransi Nasional Indonesia (ReNas): Kerja sama dengan ReNas juga memberikan kontribusi besar dalam memberikan layanan kustodian yang handal dan aman bagi perusahaan asuransi syariah.
  3. PT Asuransi Takaful Keluarga: BSI juga menjalin kerja sama dengan Asuransi Takaful Keluarga untuk menyediakan layanan kustodian yang sesuai dengan prinsip syariah bagi nasabahnya.

Peran sebagai Mitra Pembayaran Klaim

Selain itu, BSI juga telah menggandeng PT Asabri (Persero) sebagai mitra pembayaran manfaat program asuransi. Melalui kemitraan ini, nasabah Asabri dapat mengakses pembayaran klaim melalui layanan yang disediakan oleh BSI, memperkuat posisi BSI sebagai penyedia layanan keuangan yang inklusif dan berkelanjutan.

Dengan berbagai produk dan layanan unggulannya, BSI (Bank Syariah Indonesia) terus berkomitmen untuk memberikan solusi perbankan yang inovatif, mudah diakses, dan sesuai dengan nilai-nilai syariah. Jadi, temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mulailah kelola keuangan Anda dengan lebih baik bersama BSI!


Sumber:

https://money.kompas.com/read/2021/12/13/193450626/saldo-minimum-tabungan-bsi-easy-mudharabah-dan-easy-wadiah

https://kumparan.com/berita-bisnis/kartu-kredit-bsi-ini-cara-dan-syarat-pengajuannya-1yBF8m31qpg

https://salamdigital.bankbsi.co.id/pembiayaan

https://bsinet.bankbsi.co.id/