Sabtu , Desember 2 2023

Revolusi Fashion Muslim: Nike By You X Saeedah Haque dan Perubahan Generasi M

Pada tahun 2023, Nike memperkenalkan koleksi terbaru, Nike By You X Saeedah Haque, yang mengkombinasikan fashion muslim dengan streetwear.

Nike By You X Saeedah Haque

Idxstock.com akan menjelaskan peran generasi M dalam perubahan fashion muslim, bagaimana brand-global seperti Nike merespons perubahan, dan dampak positifnya.

Nike By You X Saeedah Haque

kolaborasi Nike By You X Saeedah Haque

Pada tanggal 11 Agustus 2023, Nike memulai babak baru dalam dunia fashion muslim dengan peluncuran koleksi terbarunya yang sangat dinantikan: Nike By You X Saeedah Haque. Koleksi ini menghadirkan niqab dan abaya yang memadukan potongan kaos Dry Fit dengan sentuhan streetwear kontemporer.

Namun, inovasi ini bukanlah yang pertama dari Nike dalam menciptakan produk fashion muslimah. Sebelumnya, pada tahun 2017, mereka memperkenalkan Nike Pro hijab yang merevolusi dunia sportswear untuk muslimah.

Nike Pro Hijab muslim sportwear

Ternyata, Nike tidak sendirian dalam menghadirkan produk fashion muslimah yang berkualitas. Beberapa brand fashion global lain juga ikut meramaikan pasar ini, merespons tren fashion muslim yang terus berkembang. Namun, apa yang memicu perubahan ini, dan sejauh mana industri fashion global meresponsnya? Mari kita selami fenomena ini.

Jejak Koleksi Nike yang Ramah Muslim

Nike, raksasa olahraga dunia, telah berupaya keras untuk memahami kebutuhan komunitas muslim dalam dunia fashion. Koleksi Nike Pro hijab, yang dikenakan oleh atlet-atlet ternama seperti Zahra Al Haddad dari Uni Emirat Arab, adalah contoh nyata bagaimana mereka berkomitmen untuk menciptakan pakaian yang sesuai dengan syarat-syarat pakaian muslimah namun tetap nyaman digunakan.

Tahun kemudian, Nike meluncurkan Victory Swim, koleksi pakaian renang wanita yang mengatasi kebutuhan para muslimah yang menginginkan pakaian renang yang lebih tertutup. Desainnya modern dan estetis, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Tak hanya Nike, beberapa brand fashion global lain juga ikut mengikuti tren ini. H&M pada tahun 2015 pertama kali menggunakan model berhijab, Maria Idrissy, dalam iklan mereka, mendapat respons positif dari komunitas Muslim di seluruh dunia.

Uniqlo, brand asal Jepang, pada tahun 2016 juga meluncurkan koleksi pakaian muslimah keseharian yang bergaya sederhana dengan hijab, rok panjang, dan celana kulot. Semua ini adalah contoh bagaimana brand-brand besar beradaptasi dengan perubahan dalam dunia fashion.

Generasi M & Pemicu Perubahan

Namun, apa yang mendorong perubahan ini? Generasi M adalah kunci di balik perubahan signifikan dalam fashion muslim. Mereka adalah generasi milenial muslim yang tumbuh di era modern, menjalani hidup sehari-hari dengan kesadaran agama yang kuat. Mereka adalah perpaduan unik antara modernitas dan keimanan yang kuat.

Generasi M ingin dilihat oleh dunia bukan hanya dari pakaian mereka, melainkan dari prestasi dan kepribadian mereka. Mereka menjalani kehidupan modern sekaligus menjalankan nilai-nilai agama mereka dengan keseimbangan yang harmonis. Mereka ingin diakui sebagai generasi yang tekun, berpendidikan, ambisius, dan mampu menghadapi setiap tantangan.

Generasi M muncul karena dua faktor utama. Pertama, kondisi global pasca-peristiwa tertentu dan respons masyarakat dunia terhadap ekstrimisme Islam mempengaruhi cara pandang mereka terhadap diri sendiri dan dunia melihat mereka. Kedua, internet memberi mereka ruang untuk berkomunikasi dengan sesama muslim di seluruh dunia dan menyuarakan pandangan hidup mereka.

Revolusi Fashion yang Besar

Generasi M ini memiliki dampak besar dalam perubahan fashion muslim. Mereka memerlukan pakaian yang lebih tertutup tetapi tetap modis, nyaman, dan fungsional. Inilah yang melahirkan gelombang perubahan dalam industri fashion. Sportswear model syar’i tumbuh dengan pesat, tidak lagi menonjolkan kulit seperti crop tops dan legging ketat.

Influencer, atlet, dan model muslim menggunakan media sosial untuk membagikan inspirasi tentang gaya berpakaian yang modest namun tetap aktif. Mereka meyakinkan bahwa modesti dan aktivitas fisik dapat berjalan beriringan. Atlet-atlet seperti Iftihaj Muhammad, Dalillah Muhammad, Sarah Attar, dan Zahra Lari adalah contoh nyata dari bagaimana generasi M menginspirasi dunia dengan prestasi mereka dan identitas muslim mereka yang kuat.

Gelombang Besar Dunia Fashion

Fenomena ini menjadi perhatian dunia karena pertumbuhan pesat populasi muslim di berbagai negara, termasuk negara-negara dengan populasi minoritas muslim. Konsumsi fashion muslim tumbuh pesat, menciptakan peluang besar bagi industri ini. Brand-brand seperti Nike dan Adidas, dengan inovasi mereka, merespons dengan baik perubahan ini.

Dari laporan State of Global Islamic Economic, belanja konsumen muslim meningkat secara signifikan, mencapai triliunan dolar. Ini menunjukkan potensi besar untuk pertumbuhan industri fashion muslim. Dukungan dari regulasi olahraga internasional yang memungkinkan para atlet untuk memakai pakaian muslim juga memainkan peran penting.

Cara Brand Global Merespon Perubahan

Brand-brand global seperti Nike dan Adidas menunjukkan kecerdasan mereka dalam merespons perubahan ini. Mereka memahami pentingnya diversifikasi dan menciptakan perubahan dalam strategi bisnis mereka. Mereka memasuki ceruk pasar yang sebelumnya kurang tersentuh tetapi memiliki potensi besar.

Brand-brand ini juga menggandeng komunitas lokal untuk memahami nuansa dan kebutuhan konsumen. Ini adalah strategi cerdas untuk memahami interpretasi moda yang berbeda-beda di setiap komunitas muslim. Mereka menggabungkan penelitian pasar dengan pendekatan yang berpusat pada konsumen.

Adaptasi dan inovasi adalah kunci untuk mengatasi tantangan ini. Sikap inklusif dari brand seperti Nike dan Adidas bukan hanya mengubah pandangan terhadap fashion muslim, tetapi juga mendukung identitas dan eksistensi jutaan muslimah di seluruh dunia. Mereka tidak hanya menjual pakaian, tetapi juga cerita, identitas, dan pengalaman.

Dalam akhirnya, perubahan ini bukan hanya tentang fashion, melainkan juga tentang bagaimana kita melihat identitas, budaya, dan masyarakat muslim di seluruh dunia. Dalam dunia fashion, perubahan ini adalah cermin dari perubahan yang lebih besar dalam pandangan dunia terhadap inklusivitas, keberagaman, dan pengakuan. Hal ini membawa dampak positif tidak hanya pada bisnis, tetapi juga pada kehidupan jutaan orang yang kini merasa diakui dan dihargai dalam dunia fashion yang mereka cintai.

Fenomena revolusi fashion muslim ini memberikan inspirasi bagi kita semua. Itu adalah pengingat bahwa dedikasi, keberanian, dan kepercayaan pada diri sendiri dapat mengubah dunia dan mewujudkan mimpi-mimpi kita. Semua itu, bersama dengan peran penting generasi M, adalah bagian dari narasi fashion muslim yang terus berkembang di dunia saat ini.

Dari koleksi Nike By You X Saeedah Haque yang menggabungkan fashion muslim dengan streetwear hingga peran generasi M yang mengubah pandangan dunia terhadap fashion muslim, kita telah melihat bagaimana industri fashion terus berkembang dan beradaptasi. Bagaimana Anda melihat perubahan ini? Bagi banyak orang, ini adalah langkah menuju inklusivitas dan pengakuan yang lebih besar bagi komunitas muslim di seluruh dunia. Semoga perubahan ini terus memunculkan inspirasi dan kemajuan dalam dunia fashion yang kita cintai.