Sabtu , Mei 18 2024

Menurut Ahli, Pengertian Iklan Kolom Adalah dan Contohnya

Dalam dunia bisnis dan keuangan, memahami pengertian iklan kolom adalah keniscayaan. Iklan ini cukup berperan sebagai alat pemasaran yang efektif untuk mempromosikan produk, layanan, atau bahkan ide kepada target pasar.

Iklan kolom, yang umumnya terbit dalam media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid, merupakan wadah kreatif yang memungkinkan pelaku bisnis dan lembaga keuangan untuk menyampaikan pesan mereka secara ringkas namun penuh dampak.

Seperti apa pengertian iklan kolom, bentuk dan tujuannya? simak idxstock.com mengulas iklan mungil ini. Tidak hanya itu, kami juga sertakan contoh dan cara membuat iklan kolom berikut isi kontennya.

Pengertian Iklan Kolom

Menurut laman Kompas.com dan ik.umy.ac.id, pengertian iklan kolom adalah jenis iklan yang terdapat dalam media cetak seperti koran, majalah, tabloid, katalog, atau buletin.

Bentuk Iklan Kolom

Biasanya berupa kombinasi teks dan gambar yang diatur dalam kolom-kolom tertentu. Bentuk kolom dapat persegi panjang atau bujur sangkar.

Tujuan Iklan Kolom

Iklan ini bertujuan untuk mempromosikan produk, jasa, atau ide, serta untuk menyampaikan informasi atau imbauan kepada masyarakat.

Iklan Kolom Adalah – Menurut Ahli

Beberapa ahli memberikan pengertian yang berbeda mengenai iklan kolom:

  • Finnah Fourqoniah dan Muhammad Fikry Aransyah mendefinisikan iklan kolom sebagai bentuk komunikasi yang bisa berbayar atau tidak, seperti iklan layanan masyarakat.
  • Menurut Philip Kotler, iklan kolom mencakup presentasi berbayar yang nonpribadi dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu.
  • Frank Jefkins mengartikan iklan kolom sebagai pesan penjualan paling persuasif dengan biaya paling ekonomis, ditargetkan kepada calon konsumen potensial atas produk tertentu.
  • Fandy Tjiptono menggambarkan iklan kolom sebagai bentuk komunikasi tidak langsung yang fokus pada kelebihan dan kekurangan produk. Penataan komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan perasaan positif dan merubah pandangan agar terjadi pembelian.
  • Monle Lee dan Carla Johnson mendefinisikan iklan kolom sebagai komunikasi komersial dan nonpersonal yang terkait dengan organisasi yang produknya dijual kepada target audiens melalui media massa.

Cara Membuat Iklan Kolom

Untuk membuat iklan yang efektif, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti. Berikut ini adalah ringkasannya:

Tentukan tujuan iklan Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan iklan Anda? Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk baru, atau meningkatkan kesadaran merek? Tujuan iklan akan menentukan pesan dan strategi yang akan Anda gunakan.

Tentukan target pasar Anda. Siapa yang ingin Anda sampaikan iklan Anda? Apa karakteristik, kebutuhan, dan preferensi mereka? Target pasar akan menentukan bahasa, gaya, dan media yang akan Anda gunakan.

Pilih media yang sesuai. Di mana Anda akan menempatkan iklan Anda? Apakah di koran, majalah, internet, atau media sosial? Media yang Anda pilih akan menentukan format, panjang, dan biaya iklan Anda.

Buat judul yang menarik. Judul adalah bagian pertama yang dibaca oleh pembaca. Judul harus dapat menarik perhatian, membangkitkan rasa penasaran, dan menyampaikan manfaat produk atau jasa Anda. Gunakan kata-kata yang sederhana, jelas, dan menggugah.

Buat isi yang meyakinkan. Isi adalah bagian utama dari iklan Anda. Isi harus dapat menjelaskan apa yang Anda tawarkan, mengapa pembaca harus memilih produk atau jasa Anda, dan bagaimana cara mendapatkannya. Gunakan fakta, data, testimoni, atau jaminan untuk mendukung klaim Anda. Gunakan kalimat yang singkat, padat, dan aktif.

Buat penutup yang mengajak bertindak. Penutup adalah bagian akhir dari iklan Anda. Penutup harus dapat mendorong pembaca untuk segera mengambil tindakan, seperti menghubungi nomor telepon, mengunjungi situs web, atau datang ke toko Anda. Gunakan kata-kata yang kuat, mendesak, dan spesifik.

Contoh Iklan Kolom

Berikut gambar contoh iklan kolom dalam berbagai bentuknya:

pengertian iklan kolom dan contohnya

Contoh iklan kolom bidang otomotif, menjual mobil dengan benefit yang di dapatkan.

pengertian iklan kolom adalah

di atas, adalah contoh iklan kolom untuk lowongan pekerjaan simpel dan menarik.

Contoh Konten Iklan Kolom

Lindungi Masa Depan Anda: Kini saatnya memastikan perlindungan finansial bagi keluarga Anda. Asuransi jiwa unggulan kami menawarkan keamanan dan ketenangan pikiran. Dapatkan manfaat lengkap dengan premi terjangkau. Hubungi kami segera di [nomor kontak] untuk konsultasi gratis!

Investasi Cerdas

Raih Kebebasan Keuangan Anda: Ingin investasi yang cerdas dan menguntungkan? Peluang emas menanti Anda! Kami menyediakan portofolio investasi diversifikasi yang dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Segera hubungi [nomor kontak] untuk informasi lebih lanjut.

Konsultasi Keuangan Pribadi

Rencanakan Masa Depan Keuangan Anda: Perencanaan keuangan yang solid adalah kunci sukses finansial. Kami menyediakan konsultasi pribadi untuk membantu Anda mengelola anggaran, menginvestasikan uang Anda dengan bijak, dan merencanakan pensiun yang nyaman. Jangan ragu, hubungi kami di [nomor kontak] untuk janji temu gratis!

Pinjaman Tanpa Jaminan

Realisasikan Impian Anda Sekarang: Butuh dana tambahan untuk impian atau kebutuhan mendesak? Dapatkan pinjaman tanpa jaminan dengan proses cepat dan mudah. Persetujuan instan dan bunga kompetitif. Ajukan sekarang di [situs web] atau hubungi [nomor kontak] untuk informasi lebih lanjut.

Solusi Keuangan Inovatif

Ubah Cara Anda Mengelola Uang. Kami hadir dengan solusi keuangan terdepan untuk membantu Anda mengontrol dan mengoptimalkan pengeluaran. Aplikasi kami memberikan panduan finansial pribadi, pelacakan pengeluaran, dan saran investasi pintar. Unduh aplikasi kami di [play store/app store] sekarang!

Kartu Kredit Reward Premium

Nikmati Keistimewaan Tanpa Batas: Dapatkan kartu kredit reward premium kami dan rasakan sensasi belanja tanpa batas dengan cashback tinggi, diskon eksklusif, dan akses ke lounge bandara. Jadikan setiap transaksi berharga. Ajukan kartu kredit Anda di [situs web] hari ini!

Tabungan Pendidikan Anak

Investasi Untuk Masa Depan Si Kecil: Tabungan pendidikan anak kami memberikan perlindungan finansial dan dana pendidikan yang cukup untuk anak-anak Anda. Mulailah investasi sejak dini untuk masa depan cerah buah hati. Pelajari lebih lanjut di [situs web] atau hubungi [nomor kontak] hari ini!

Kesimpulan

Itulah pengertian iklan kolom menurut beberapa ahli atau pakar periklanan. Iklan kolom adalah jenis marketing yang masih cukup relevan untuk digunakan. Dengan sedikit sentuhan kreatif, iklan ini bisa menarik minat customer yang Anda targetkan.