Jumat , Juli 19 2024

Daftar Saham Kompas 100 Terbaru 2023

Saham Kompas 100 terbaru, atau lebih dikenal sebagai indeks Kompas 100, merupakan daftar saham dari 100 perusahaan publik yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks Kompas 100 adalah salah satu indeks saham terkemuka di Indonesia. Indeks ini diterbitkan oleh BEI bekerja sama dengan surat kabar Kompas sejak tahun 2007.

Indeks Kompas 100 memiliki tujuan utama untuk mengukur kinerja harga dari saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan fundamental perusahaan yang kuat. Oleh karena itu, indeks ini sering digunakan sebagai acuan investasi, patokan untuk portofolio, dan acuan produk turunan.

Daftar saham Kompas 100, termasuk daftar saham Kompas 100 tahun 2023, dapat dilihat di berbagai sumber informasi, termasuk situs resmi BEI dan surat kabar Kompas. Evaluasi dan pembaruan komposisi saham-saham dalam indeks Kompas 100 dilakukan secara berkala, biasanya setiap enam bulan, guna memastikan indeks ini tetap relevan dan mencerminkan kondisi pasar yang terkini.

Pengertian Indeks Kompas 100

Merangkum dari sumber website Ruangmenyala, Ajaib, Wikipedia dan sumber-sumber lain yang relevan, pengertian dari Indeks Kompas 100 adalah sebuah indeks saham yang terdiri dari 100 saham perusahaan publik yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Indeks ini diterbitkan oleh BEI bekerja sama dengan surat kabar Kompas sejak tahun 2007. Tujuan dari indeks ini adalah untuk mengukur kinerja harga dari saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan fundamental perusahaan yang baik. Indeks ini juga dapat dijadikan sebagai acuan investasi, benchmark portofolio, dan produk turunan.

Indeks Kompas 100 dihitung dengan menggunakan metode market capitalization weighted average, yang berarti bobot setiap saham dalam indeks ditentukan oleh nilai kapitalisasi pasarnya. Indeks ini dievaluasi secara berkala setiap enam bulan untuk menyesuaikan komposisi saham-saham yang masuk dalam indeks. Daftar saham Kompas 100 terbaru 2023 juga dapat dilihat di idxstock.com ini.

Indeks Kompas 100 Hari Ini

Daftar Saham Kompas 100 Terbaru

Dalam pengumuman BEI, terlihat adanya perubahan komposisi indeks KOMPAS100 untuk periode Agustus 2023 hingga Januari 2024. Beberapa saham keluar dari indeks ini, dan beberapa saham baru masuk sebagai konstituen indeks. Perubahan ini didasarkan pada hasil evaluasi dengan cap 9% yang dilakukan oleh BEI.

Selain Indeks Kompas 100, ini investor juga perlu mengupdate saham yang masuk dan keluar dari indeks LQ45 terbaru. Dengan berbagai refresnsi indeks diharapkan bisa menjadi pertimbanagan yang sempurna dalam investasi atau trading saham.

Saham yang Keluar

Beberapa saham yang sebelumnya menjadi bagian dari Indeks KOMPAS100 tidak lagi termasuk dalam komposisi indeks untuk periode berikutnya. Beberapa nama saham yang keluar dari saham kompas 100 terbaru 2023 adalah:

  1. Pacific Strategic Financial Tbk. (APIC)
  2. Bank MNC Internasional Tbk. (BABP)
  3. Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI)
  4. Indo Pureco Pratama Tbk. (IPPE)
  5. Multipolar Tbk. (MLPL)
  6. Sumber Global Energy Tbk. (SGER)
  7. TBS Energi Utama Tbk. (TOBA)
  8. Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT)

Saham (Konstituen) Baru

Tidak hanya ada saham yang keluar, tapi juga ada beberapa saham yang masuk sebagai konstituen baru dalam komposisi Indeks KOMPAS100. Beberapa nama saham dan kode emiten yang masuk dalam indeks saham kompas 100 terbaru adalah:

  1. Bank MNC Internasional Tbk. (BBHI)
  2. Indo Pureco Pratama Tbk. (IPPE)
  3. Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI)
  4. Indo Pureco Pratama Tbk. (IPPE)
  5. Multipolar Tbk. (MLPL)
  6. Sumber Global Energy Tbk. (SGER)
  7. TBS Energi Utama Tbk. (TOBA)
  8. Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT)

Indeks Kompas 100 Terbaru

Berikut daftar list lengkap saham-saham yang masuk dalam indeks Kompas 100 terbaru 2023 per pengumuman BEI pada bulan Juli.

Kesimpulan

Perubahan komposisi Indeks menjadikan Saham Kompas 100 terbaru 2023 ini sehingga membawa perubahan yang penting bagi pelaku pasar saham. Jika Anda adalah investor, penting untuk memahami implikasi dari perubahan ini dan mempertimbangkan strategi investasi Anda.

Pastikan untuk tetap mengikuti perkembangan pasar dan melakukan analisis menyeluruh sebelum membuat keputusan investasi. Selalu ingat bahwa pasar saham selalu berfluktuasi, dan pengetahuan yang baik adalah kunci untuk mengambil keputusan yang bijaksana dalam berinvestasi.