Kamis , Februari 22 2024

Cara Melihat Kepemilikan Saham di IDX

Temukan langkah-langkah mudah untuk melihat kepemilikan saham di Bursa Efek Indonesia (IDX) dengan panduan resmi dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Pelajari singkatan dan jenis kepemilikan saham serta cara mengakses data terbaru secara sistematis.”

Investasi saham merupakan langkah untuk membangun kekayaan, dan mengetahui kepemilikan saham suatu perusahaan adalah kunci untuk membuat keputusan investasi yang tepat.

Dalam artikel idxstock.com kita akan membahas cara praktis untuk melihat kepemilikan saham di Bursa Efek Indonesia (IDX) melalui situs PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sehingga Anda dapat memahami komposisi kepemilikan saham secara lebih detil dan terupdate.

Cara Melihat Kepemilikan Saham di IDX Via KSEI

Untuk mengetahui komposisi investor saham di bursa efek, Anda perlu mengunduh data yang sudah disiapkan oleh Ksei. Untuk mengetahuinya, berikut cara melihat kepemilikan saham di Idx selengkapnya:

  1. Akses Situs Resmi KSEI

Cara Melihat Kepemilikan Saham di IDX
Tampilan Website https://www.ksei.co.id/

Langkah pertama untuk melihat kepemilikan saham di IDX adalah mengakses situs resmi KSEI di ksei.co.id. Setelah masuk ke situs, pilih tab “Data & User Guide” untuk mengakses informasi terkini terkait kepemilikan saham.

  1. Pilih File Kepemilikan Saham Terupdate

Cara Melihat Kepemilikan Saham di IDX
Unduh data kepemilikan saham lokal dan asing di idx

Di dalam tab “Data & User Guide”, pastikan Anda memilih file kepemilikan saham yang paling atas dan diupdate setiap bulan. Ini akan memastikan bahwa data yang Anda peroleh adalah yang terkini.

  1. Alternatif: Menggunakan Link Khusus

Jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat mengakses komposisi kepemilikan saham di Idxstock melalui link berikut: https://www.ksei.co.id/archive_download/holding_composition. Langkah-langkah di link ini akan serupa dengan akses melalui situs resmi KSEI.

  1. Singkatan dalam Kepemilikan Saham

Kepemilikan saham di IDX memiliki singkatan khusus. Bagian ini memudahkan pemahaman terhadap jenis investor dan asal kepemilikan saham. Local memiliki singkatan seperti Local IS, CP, PF, IB, ID, MF, SC, FD, OT, sementara Foreign memiliki singkatan yang sama dengan tambahan kode Foreign di depannya (Foreign Local IS, CP, PF, IB, ID, MF, SC, FD, OT).

Berikut singkatan dan penjelasan dari kode kepemilikan saham di Idx:

Local IS

Local Individual Securities. Investor perorangan lokal yang membeli atau menjual saham secara langsung tanpa melalui reksa dana, asuransi, atau dana pensiun

Local CP

Local Corporate Securities. Investor korporasi lokal yang membeli atau menjual saham secara langsung tanpa melalui reksa dana, asuransi, atau dana pensiun

Local PF

Local Pension Fund. Dana pensiun lokal yang mengelola dana pensiun karyawan dan membeli atau menjual saham di pasar modal.

Local IB

Local Insurance and Banking. Perusahaan asuransi dan perbankan lokal yang membeli atau menjual saham di pasar modal sebagai bagian dari portofolio investasi mereka.

Local ID

Local Investment Dealer. Perusahaan efek lokal yang membeli atau menjual saham di pasar modal untuk kepentingan sendiri atau nasabahnya.

Local MF

Local Mutual Fund. Reksa dana lokal yang mengelola dana kolektif dari investor dan membeli atau menjual saham di pasar modal.

Local SC

Local Securities Company. Perusahaan efek lokal yang membeli atau menjual saham di pasar modal sebagai perantara atau penjamin emisi.

Local FD

Local Foundation. Yayasan lokal yang membeli atau menjual saham di pasar modal sebagai bagian dari kegiatan sosial atau amal mereka.

Local OT

Local Other. Investor lokal lainnya yang tidak termasuk dalam kategori di atas, seperti pemerintah, lembaga negara, atau organisasi internasional.

Singkatan dan penjelasan di atas juga berlaku untuk kepemilikan yang berasal dari luar negeri, Foreign Local IS, CP, PF, IB, ID, MF, SC, FD, OT, bedanya hanya asal pemilik investasi sahamnya.

Anda dapat melihat data kepemilikan saham berdasarkan tipe investor dari KSEI dengan menggunakan aplikasi AKSes KSEI atau mengunduh laporan kepemilikan efek dari website resmi KSEI.

  1. Mengetahui KSEI

KSEI, atau PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, adalah lembaga yang berperan penting dalam menyimpan dan menyelesaikan transaksi efek di pasar modal Indonesia. Berdiri sejak tahun 1997, KSEI menjadi bagian dari organisasi pengatur diri bersama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

Dengan memahami cara melihat kepemilikan saham di IDX Anda dapat mengakses data kepemilikan saham dengan lebih mudah dan terpercaya untuk kemudian diolah menjadi bahan pertimbanagan investasi saham Anda. Jangan lupa untuk selalu memeriksa data yang terupdate secara berkala untuk mendukung keputusan investasi Anda di Idxstock.com