Minggu , Mei 12 2024

Mengenal Struktur, Fungsi, dan Contoh Iklan Pemberitahuan

Apa yang membedakan iklan pemberitahuan dengan jenis iklan yang lain? Yuk pahami pengertian, struktur, fungsi, tujuan, dan contoh iklan pemberitahuan dalam artikel ini. Temukan bagaimana ads ini memiliki dampak dalam komunikasi bisnis.

Pernah Mendengar Iklan Pemberitahuan? Mungkin Anda pernah mendengar tentang iklan pemberitahuan. Iklan ini sebenarnya cukup umum dan sering kita temui sehari-hari.

Iklan pemberitahuan memiliki ciri khas tersendiri dalam bentuk gambar dan kata. Namun, apa yang sebenarnya membedakan iklan pemberitahuan dengan pemberitahuan lainnya? Yuk, mari kita gali lebih dalam dalam artikel ini!

Pengertian Iklan Pemberitahuan

Menurut para ahli dalam bidang periklanan, seperti Arrie Widhayani dan Christiana Umi, iklan pemberitahuan adalah bentuk iklan yang bertujuan untuk memberitahu khalayak tentang suatu hal. Biasanya, iklan ini menonjolkan manfaat atau informasi yang ingin disampaikan kepada audiens.

Dalam istilah yang lebih sederhana, iklan pemberitahuan adalah cara bagi perusahaan atau organisasi untuk memberikan informasi penting kepada masyarakat. jenis iklan ini juga dikenal dengan iklan pengumuman.

Struktur Iklan Pemberitahuan

Jika Anda penasaran tentang bagaimana iklan pemberitahuan terstruktur, sebenarnya strukturnya tidak terlalu rumit. Iklan ini umumnya terdiri dari tiga bagian utama yang membentuknya menjadi iklan pengumuman.

Berikut adalah struktur dasar iklan pemberitahuan:

  1. Judul: Bagian ini adalah perkenalan utama yang menarik perhatian audiens. Judul haruslah singkat namun cukup kuat untuk menggugah minat pembaca.
  2. Nama Produk: Di bagian ini, nama produk atau informasi yang ingin disampaikan secara jelas diungkapkan. Ini membantu audiens memahami dengan tepat apa yang diiklankan.
  3. Penjelasan tentang Produk: Bagian ini adalah inti dari pemberitahuan. Di sini, informasi lebih lanjut tentang produk atau pemberitahuan diberikan dengan jelas dan singkat.

Fungsi Iklan Pemberitahuan

Meskipun strukturnya sederhana, iklan pengumuman memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia periklanan. Beberapa fungsi utama dari iklan pemberitahuan meliputi:

Informing (Menginformasikan)

Membantu menyebarkan informasi kepada konsumen tentang produk baru, fitur baru, atau perubahan lain yang mungkin relevan bagi mereka. Ini membantu menciptakan kesadaran dan pengetahuan yang diperlukan.

Persuading (Memujuk)

Melalui iklan ini, perusahaan berusaha meyakinkan konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan. Ini bisa mendorong permintaan yang lebih tinggi terhadap produk tersebut.

Reminding (Mengingatkan)

Membantu menjaga merek atau produk tetap diingat oleh konsumen. Ini membantu mempertahankan minat dan mengingatkan mereka untuk melakukan tindakan yang diperlukan.

Adding Value (Menambah Nilai)

Iklan pemberitahuan dapat memberikan nilai tambah bagi produk atau merek dengan cara inovasi, peningkatan kualitas, atau perubahan persepsi konsumen. Ini membantu menciptakan daya tarik lebih kepada audiens.

Bantuan untuk Upaya Lain Perusahaan

Iklan pemberitahuan juga bisa berkontribusi dalam proses penjualan. Iklan yang efektif dapat memberikan informasi yang mendorong minat pelanggan sebelum berhubungan langsung dengan perwakilan penjualan.

Tujuan Iklan Pemberitahuan

Iklan pemberitahuan memiliki tujuan utama yang bervariasi, di antaranya:

  1. Menarik Perhatian: Iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian audiens dengan judul yang menarik dan informatif.
  2. Membangkitkan Minat: Membangkitkan minat audiens terhadap apa yang ditawarkan.
  3. Merangsang Hasrat: Iklan ini berusaha merangsang keinginan audiens untuk memiliki atau mencoba produk atau jasa yang diiklankan.
  4. Menciptakan Keyakinan: Berusaha membangun keyakinan dan citra positif terhadap merek atau produk.
  5. Mempengaruhi Tindakan: Akhirnya, tujuan utama iklan ini adalah mendorong tindakan nyata dari audiens, seperti membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Nama Lain Iklan Pemberitahuan

  • Iklan Informasi: Iklan yang memberikan informasi kepada audiens tentang suatu hal atau peristiwa tertentu.
  • Iklan Pengumuman: Iklan yang digunakan untuk mengumumkan atau memberitahu sesuatu kepada masyarakat atau audiens.
  • Iklan Berita: Iklan yang berfungsi sebagai media untuk menyampaikan berita atau informasi penting kepada khalayak.
  • Iklan Notifikasi: Iklan yang berperan sebagai notifikasi atau pemberitahuan tentang suatu peristiwa atau tindakan kepada audiens.
  • Iklan Bulletin: Iklan yang berbentuk seperti bulletin atau buletin yang berisi informasi terbaru atau pengumuman.
  • Iklan Komunikasi: Iklan yang bertujuan untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi kepada audiens.
  • Iklan Pemberitahuan Publik: Iklan yang digunakan untuk memberitahu atau mengkomunikasikan sesuatu kepada masyarakat umum.
  • Iklan Pengumuman Penting: Iklan yang digunakan untuk mengumumkan informasi yang dianggap penting bagi khalayak.
  • Iklan Berita Bisnis: Iklan yang berfungsi sebagai berita bisnis atau pemberitahuan tentang peristiwa dalam dunia bisnis.
  • Iklan Pesan Informasi: Iklan yang berfungsi sebagai pesan yang memberikan informasi kepada audiens.

Contoh Iklan Pemberitahuan

Setelah memahami pengertian, struktur, fungsi, dan tujuan iklan pemberitahuan, mari kita lihat beberapa contoh iklan pemberitahuan yang dapat menginspirasi:

  1. “Perkenalkan SuperClean: Produk Pembersih Revolusioner! Dapatkan kebersihan yang tahan lama hanya dengan satu usapan.”
  2. “Segera! Diskon 50% di Semua Cabang Kami! Jangan lewatkan kesempatan istimewa ini untuk berbelanja lebih hemat.”
  3. “Bersiaplah untuk Petualangan Baru! Luncurkan Diri Anda ke Alam Liar dengan Sepeda Gunung Terbaru Kami.”

Dalam contoh-contoh ini, iklan pemberitahuan memiliki tujuan yang beragam, mulai dari memperkenalkan produk baru, menawarkan diskon, hingga mengajak audiens untuk mencoba hal baru.

Kesimpulan

Iklan pemberitahuan memiliki peranan penting dalam dunia periklanan. Dengan struktur yang sederhana namun efektif, iklan ini mampu menginformasikan, membujuk, mengingatkan, menambah nilai, dan mendukung upaya penjualan suatu produk atau merek.

Dengan tujuan yang bervariasi, iklan pengumuman menjadi alat komunikasi yang kuat untuk mencapai berbagai tujuan bisnis sehingga maksud dan tujuan beriklan tersampaikan.